Language and Thought

Published by administrator on

Language and thought (Bahasa dan Pemikiran) adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, Bahasa adalah pikiran dan pikiran adalah Bahasa. Language is a system of symbols for thinking and communicating. Kata dalam sebuah kalimat sebagai unsur bahasa memberi makna yang dapat dibedakan dalam 4 hal yakni  Semantic, Perceptual, Syntactic dan Pragmatic.

Semantic adalah makna yang digunakan untuk memahami ekspresi manusia melalui bahasa. Bentuk lain dari semantik mencakup semantik bahasa pemrograman dan logika formal.  Makna dari sebuah Kata  Misal : Pascasarjana makna secara umum adalah pencapaian gelar  master atau doktor. Makna semantic akan menkomunikasikan sebuah kata yang akan memberikan sifat umum dari kata tersebut. Makna hanya dapat dipahami jika ada data yang dapat diamati yang berada dalam lingkungan pengalaman manusia

Perceptual adalah  informasi yang ditangkap oleh panca indra makna persepsi juga mencakup respons positif dan negatif seseorang terhadap suatu kata. Contoh, Perkataan kursi pada sebuah kursi kecil pada ruang tamu.Hubungan antara satu kata dengan kata lain pada sebuah kalimat.

Syntactic adalah Hubungan antar kata tersebut dapat diartikan pada 3 aspek Content (kata yang mengekspresikan pesan utama dalam kalimat), Description (kata yang mengubah atau mengurai pesan utama),Connection (kata yang bergabung dengan pesan utama).

Pragmatic

Bersifat mengutamakan segi kepraktisan dan kegunaan kemanfaatan, menggambarkan konteks pragmatis sesuai dengan situasi yang ada

Categories: Cerita Anak Sekolah