Constructing Knowledge

Published by administrator on

Critical thinking and knowledge construction menjadi kompetensi yang sangat penting pada era teknologi informasi saat ini. Berpikir kritis dengan memandang persoalan dari perspektif yang luas akan menghasilkan intelligent decisions. Pengetahuan (knowing) adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan indrawi. Pengetahuan akan muncul ketika orang menggunakan akal atau indranya untuk mengenali benda atau peristiwa tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan. Pengetahuan empiris menekankan pada pengamatan dan pengalaman indrawi, sedangkan pengetahuan rasional didapatkan melalui akal budi. Keyakinan (believing) adalah suatu sikap yang ditunjukkan manusia saat dia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran. Maksudnya adalah orang akan merasa yakin kalau apa yang mereka ketahui adalah benar. Jadi, keyakinan terjadi setelah orang percaya adanya suatu kebenaran.

Tingkatan akurasi (DEGREE OF ACCURACY BELIEFS) pada sebuah keyakinan dapat digolongkan dalam:

  1. Completely accurate 
  2. Generally accurate but not completely accurate 
  3. Generally not accurate but sometimes accurate 
  4. Definitely not accurate

Seorang pemikir kritis melihat pengetahuan dan kebenaran sebagai tujuan yang ingin di capai, prosesnya dengan terlibat secara aktif ketika  membangun pemahaman tentang dunia. Mengembangkan pengetahuan yang akurat tentang dunia sering kali merupakan proses eksplorasi dan analisis yang menantang di mana pemahaman kita tumbuh dan berkembang selama periode waktu tertentu.

keyakinan yang tidak dapat dipalsukan tidak pernah dapat dibuktikan, keyakinan semacam itu memiliki akurasi yang dipertanyakan. Ada 4 hal yang harus dilakukan dalam melakukan evaluasi evidence yakni :

1.Authorities, bagaimana akurasi informasi yang diberikan oleh pihak berwenang

2.Written references Bagaimana bobot referensi yang digunakan termasuk kualitas penulisreferensi tersebut.

3. Factual evidence, Bagaimana hubungan antara bukti dan kesimpulan ? Apakah mendukung ?

4. Personal experience, Bagaimana menilai pengalaman pribadi tidak ada distorsi kesalahan dalampersepsi.

Kesimpulan :

Keyakinan adalah interpretasi, evaluasi,  kesimpulan, dan prediksi tentang sesuatu hal yang mendukung sebagai suatu kebenaran.

Pengetahuan adalah keyakinan akan sesuatu hal dengan dukungan alat bukti dan alasan yang kuat.

Critical thinkers adalah orang yang mengevaluasi keyakinan mereka dengan memeriksa bukti yang diberikan oleh sumber yang terpercaya.

Categories: Cerita Anak Sekolah